Hashemi_Blog's

AKBAR HASHEMI S1_TI STMIK Bani Saleh 43A87006070056

Banyak yang tidak menyadari bahwa daripada menginstal banyak aplikasi, Anda sebenarnya dapat mengendalikan hampir semua aspek dari komputer Anda dengan shortcut yang sudah tersedia di Windows dan tidak mengkonsumsi sumber daya komputer yang berharga. Anda bahkan bisa mengkombinasikan shortcut-shortcut ini dengan fungsionalitas Windows hotkey atau mengaksesnya dari keyboard melalui application launcher favorit Anda.

Mematikan Suara
Jika Anda menggunakan komputer untuk mendengarkan musik, maka Anda pasti akan panik ketika ada telepon berdering dan langsung mencari tombol off atau volume pada speaker Anda. Tentu saja jika Anda memiliki sebuah keyboard multimedia, mungkin Anda dapat menekan tombol mute, tetapi bagaimana apabila Anda tidak memiliki keyboard tipe ini? Gunakanlah shortcut atau hotkey untuk mematikan system volume di windows.

Eject Removable Devices
Dengan teknologi saat ini, kita seringkali menggunakan flash drive dan kamera digital untuk memindahkan file dan foto, tetapi tombol Safely Remove hanya bisa diakses dari ikon kecil di tray. Sebenarnya Anda bisa membuat sebuah shortcut atau hotkey untuk menggantikan tombol Safely Remove Hardware atau bahkan untuk mengeluarkan CD/DVD, tetapi jika Anda selalu menggunakan sebuah USB drive tertentu lebih baik Anda membuat shortcut atau hotkey spesifiknya.

Membersihkan Komputer
Banyak sekali perintah yang dapat membersihkan history atau recent documents Anda dari sebuah shortcut, tetapi yang paling sederhana adalah dengan memasangkan CCleaner pada sebuah shortcut untuk dengan cepat membersihkan semuanya. Buatlah sebuah shortcut atau hotkey untuk menjalankan CCleaner

Menjalankan Task Manager dalam Tampilan All Users
Jika menggunakan Windows Vista, mungkin Anda sadar bahwa untuk melihat semua daftar proses dalam Task Manager, Anda harus terlebih dahulu Task Manager lalu menekan tombol All Users. Bukankah lebih mudah jika Anda menggunakan sebuah shortcut atau hotkey untuk langsung membukanya?

Memunculkan atau Menghilangkan Ikon Desktop
Jika Anda ingin desktop Anda terlihat bagus dan bersih maka Anda bisa menyembunyikan icon Anda, tetapi terkadang mengakses file akan jauh lebih mudah melalui ikon-ikon pada desktop. Jika Anda mengalami dilema ini maka Anda bisa membuat sebuah shortcut atau hotkey yang dapat memunculkan atau menghilangkan ikon desktop Anda dengan cepat.


Membersihkan Clipboard
Mungkin Anda kebingungan mencari cara untuk membersihkan memori setelah Anda mengkopi data yang besar ke clipboard. Apalagi jika data yang Anda kopi adalah data sensitif yang rahasia. Jika Anda menggunakan Vista pakailah shortcut atau hotkey untuk membersihkan clipboard Anda.


Mengaktifkan atau Mematikan Windows Firewall
Jika Anda mengalami masalah dengan aplikasi koneksi atau jaringan, hal pertama yang akan Anda lakukan adalah mencoba mematikan firewall. Jika Anda menggunakan firewall Windows, ada beberapa langkah yang harus Anda tempuh untuk mematikannya, tetapi menggunakan shortcut atau hotkey adalah cara tercepat.


Membuat System Restore Point
Salah satu fitur terbaik Windows Vista adalah System Restore. Tetapi untuk membuat sebuah restore point banyak sekali langkah yang harus ditempuh, jadi gunakanlah shortcut atau hotkey untuk menghemat waktu.


Mengaktifkan/Mematikan Scresensaver
Jika Anda menggunakan Windows Vista maka Anda bisa membuat sebuah shortcut atau hotkey untuk dengan cepat memulai suatu screensaver atau bahkan untuk mengaktifkan dan mematikan screensaver Anda.

Shutdown, Reboot, Sleep, Hybernate atau Mengunci PC
Jika tidak menyukai menu shutdown dari Vista, Anda bisa membuat ikon shortcut untuk shutdown, restart atau mengunci komputer Anda. Bahkan jika Anda menggunakan dual boot antara Vista dan XP, Anda juga bisa membuat shortcut untuk memilih versi OS yang Anda inginkan.

Mengakses Shortcut Anda dengan Keyboard
Daripada menggunakan tetikus untuk meluncurkan shortcut ini atau menggunakan hotkey untuk semuanya, Anda dapat menempatkan semua shortcut tersebut ke dalam suatu folder lalu mengindeks mereka dalam Launchy untuk akses cepat dari keyboard.

0 komentar:

Posting Komentar

Followers My Twitter

About Me...!!!!

Be Your Self

Alasan kenapa seseorang tak pernah meraih cita-citanya adalah karena dia tak mendefinisikannya, tak mempelajarinya, dan tak pernah serius berkeyakinan bahwa cita-citanya itu dapat dicapai